BAB
I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Pada
awalnya pemilik yang mempunyai nama “Ibu Ika” tidak terlintas mempunyai LBB
(Lembaga Bimbingan Belajar ) karena sebelumya Ibu Ika hanya mengajar sempoa di
Golden Brain ,namun para tetangga komplek perumahan Ibu Ika meminta untuk
mengajar anak-anak mereka , maka dari itu beliau berinisiatif untuk mendirikan
bimbingan belajar pada tahun 2004 yang diberi nama PRESTASI GEMILANG yang
beralamat di GKA tetapi LBB tersebut belum begitu besar karena kegiatan belajar
mengajar tersebut masih bertempat dirumah bu Ika sendiri .
Pada
tahun 2008 LBB Prestasi Gemilang membuka cabang yang berada di Perumahan Permata
Suci (PPS) , disana banyak ibu-ibu yang yang mendaftarkan anak ya untuk belajar
di LBB Perestasi Gemilang . jumlah tutor yang berada di PPS sebanyak empat
orang sama dengan jumlah tutor yang ada di GKA , namu siswa yang ada di PPS
lebih sedikit dari pada yang di GKA.
Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi
semua orang, karena dengan pendidikan seseorang mampu bersaing di dunia global.
Pendidikan bisa digolongkan menjadi pendidikan formal dan non formal.Untuk
mendapatkan pendidikan formal yang memadai kita bersekolah mulai dari TK, SD,
SMP, SMA/SMK lalu kuliah,sedangkan pendidikan non formal dapat kita raih melalui
kursus atau pelatihan.
Menurut UUD 1945 pasal
31 dan UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa
penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan
masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan tidak
hanya di sekolah formal saja tetapi juga dapat diselenggarakan oleh lembaga
luar sekolah semacam Bimbingan Belajar. Oleh karena itu, lembaga bimbingan
belajar mempunyai dasar yang kuat sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam
mencerdaskan kehidupan bangsa.
Perubahan-perubahan
pola pendidikan yang begitu cepat, silih berganti serta globalisasi di segala
bidang termasuk bidang pendidikan, memunculkan persaingan yang sangat ketat di
bidang bisnis jasa pendidikan. Lembaga non formal seperti bimbingan belajar
harus selalu siap dengan perubahan-perubahan yang dikeluarkan pemerintah di
bidang pendidikan, juga harus siap bersaing tidak hanya bimbingan belajar
sejenis, tetapi sekolah yang menyelenggarakan bimbingan belajar juga merupakan saingan.
Dalam meningkatkan
kualitas pendidikan nasional, Lembaga bimbingan Prestasi Gemilang memiliki visi
dan misi. Visi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang yaitu menjadi institusi
pendidikan luar sekolah yang lebih baik,berkualitas. Sedangkan Misi lembaga
pendidikan Prestasi Gemilang adalah:
1.
Menjadi lembaga bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi.
2.
Menjadi tempat karyawan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun
kesejahteraan.
4.
Menjadi tempat setiap insan untuk berprestasi, berkreasi dan mengembangkan
diri.
1.2.Rumusan Masalah
1. Apa
rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam produk untuk
meningkatkan jumlah siswa
2. Apa
rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam harga untuk
meningkatkan jumlah siswa
3. Apa
rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam promosi untuk
meningkatkan jumlah siswa
BAB
II
LANDASAN
TEORI
2.1.Pengertian
Bimbingan Belajar
Pemerintah secara
terus-menerus melaksanakan berbagai program untuk pemerataan kesempatan
memperoleh layanan pendidikan dan sekaligus juga untuk peningkatan mutu
pendidikan. Selain menerapkan pendekatan yang bersifat konvensional, pemerintah
juga melaksanakan berbagai terobosan yang bersifat inovatif. Perluasan layanan
pendidikan diwujudkan melalui pencanangan program Wajib Belajar Pendidikan
Dasar 6 Tahun (Wajar Dikdas 6 Tahun) pada tahun 1984 dan dilanjutkan dengan
program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun pada tahun 1994. Di tingkat
internasional, Indonesia juga berperanserta dalam "Education for All"
yang dideklarasikan UNESCO di Jomtien, Thailand, pada tahun 1991 (Siahaan,
2002).
Menurut UUD 1945 pasal
31 dan UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa
penyelenggaraan pendidikan menjadi 6 tanggung jawab bersama antara pemerintah
dan masyarakat. UUD 1945 pasal 31 dan UU No. 2 tahun 1989 telah banyak
menciptakan peluang bisnis di bidang jasa pendidikan.
Bimbingan belajar
merupakan pendidikan non formal baik yang dilakukan di lingkungan sekolah
maupun di lembaga pendidikan luar sekolah di luar jam pelajaran sekolah formal.
Bimbingan belajar ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan prestasi
akademik di sekolah, meloloskan siswa yang meneruskan sekolah ke jenjang
berikutnya sesuai dengan keinginannya.
2.2. Kebijakan Pemerintah tentang
Standar Kelulusan Siswa
Adalah Sebagai Berikut:
1.
Tahun 2005/2006
a.
Waktu Pelaksanaan: Ujian Sekolah dulu
baru Ujian Nasional.
b.
Kurikulum: 1994, 2004 (KBK)
c.
Kelulusan : Rata-rata 4,51 Minimal 4,26
d.
Paket Soal: Satu Ruang ada satu macam soal
2.
Tahun 2006/2010
a.
Waktu Pelaksanaan: Ujian Nasional dulu
baru Ujian Sekolah
b.
Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi
1994, 2004 dan Standar isi
c.
Kelulusan:
Ø Nilai
salah satu mata pelajaran boleh 4,25 tetapi dua mata pelajaran yang lain
minimal rata-rata 5
Ø Boleh
salah satu mata pelajaran 4,00 tetapi dua mata pelajaran
yang
lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa
Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan
IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa
Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.
Paket Soal: Satu Ruang ada dua macam
paket soal
3.
Tahun 2011/2012
a.
Waktu pelaksanaan : Ujian Sekolah dulu
baru Ujian Nasional.
b.
Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi
1994, 2004 dan Standar isi
c.
Kelulusan:
Ø Nilai
salah satu mata pelajaran boleh 5 tetapi dua mata pelajaran yang lain minimal
rata-rata 6
Ø Boleh
salah satu mata pelajaran 5,00 tetapi dua mata pelajaran
yang
lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa
Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan
IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa
Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.
Paket Soal: Satu Ruang ada 5 macam paket
soal
4.
2013
a.
Waktu pelaksanaan : Ujian Sekolah dulu
baru Ujian Nasional.
b.
Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi
1994, 2004 dan Standar isi
c.
Kelulusan:
Ø Nilai
salah satu mata pelajaran boleh 5 tetapi dua mata pelajaran yang lain minimal
rata-rata 6
Ø Boleh
salah satu mata pelajaran 5,00 tetapi dua mata pelajaran
yang
lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa
Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan
IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa
Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.
Paket Soal: Satu Ruang ada 20 macam
paket soal
BAB
III
ANALISIS
3.1.Temuan Data
3.1.1. Lokasi
Penelitian
Penelitian ini
mengambil lokasi di Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Gemilang di GKA (Griya
Kembangan Asri)
3.1.2.
Data
1.
Cara mengumpulkan data
a.
Observasi
Peneliti
melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan belajar mengajar di Prestasi
Gemilang Dengan cara mengamati produk yang ditawarkan oleh Prestasi
Gemilang maupun Lembaga Bimbingan lain
yang letaknya di GKA (Griya Kembangan Asri)
b.
Wawancara
Wawancara
dengan pimpinan Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Gemilang di GKA (Griya
Kembangan Asri)
2.
Jenis Data
Jenis
data yang diperoleh peneliti berupa:
a.
Jumlah siswa Prestasi Gemilang GKA
b.
Jumlah sekolah yang berada di wilayah
Prestasi Gemilang GKA
c.
Produk yang dihasilkan oleh Prestasi
Gemilang GKA
3.2.Analisis
3.2.1.
Sejarah Berdirinya Prestasi Gemilang
Pada
awalnya pemilik yang mempunyai nama “Ibu Ika” tidak terlintas mempunyai LBB
(Lembaga Bimbingan Belajar ) karena sebelumya Ibu Ika hanya mengajar sempoa di
Golden Brain ,namun para tetangga komplek perumahan Ibu Ika meminta untuk
mengajar anak-anak mereka , maka dari itu beliau berinisiatif untuk mendirikan
bimbingan belajar pada tahun 2004 yang diberi nama PRESTASI GEMILANG yang
beralamat di GKA tetapi LBB tersebut belum begitu besar karena kegiatan belajar
mengajar tersebut masih bertempat dirumah bu Ika sendiri .
Pada tahun 2008 LBB Prestasi Gemilang
membuka cabang yang berada di Perumahan Permata Suci (PPS) , disana banyak
ibu-ibu yang yang mendaftarkan anak ya untuk belajar di LBB Perestasi Gemilang
. jumlah tutor yang berada di PPS sebanyak empat orang sama dengan jumlah tutor
yang ada di GKA , namu siswa yang ada di PPS lebih sedikit dari pada yang di
GKA.
3.2.2.
Visi dan Misi
Visi lembaga pendidikan Prestasi
Gemilang yaitu menjadi institusi pendidikan luar sekolah yang lebih
baik,berkualitas. Sedangkan Misi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang adalah:
1. Menjadi lembaga
bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi.
2.
Menjadi tempat karyawan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama
membangun kesejahteraan.
4.
Menjadi tempat setiap insan untuk berprestasi, berkreasi dan mengembangkan
diri.
مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ
فِيْهِ عِلْمًا ، سَهَّلَ اللَّهُ بِهِ طِرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ . (أبو داود)
“Barangsiapa
merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surge.”
(HR. Muslim)
3.2.3.
Strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam produk untuk meningkatkan
jumlah siswa
Produk Prestasi Gemilang mulai
tahun 2004/2012 adalah sebagai berikut:
a. Program Reguler
1.
Program ini ditujukan untuk siswa kelas
3, 4, 5, 6 SD; kelas 1, 2, 3 SMP dan kelas 1, 2, 3 SMA.
2.
Lama Program ini adalah 1 tahun.
3.
Masuk 7 kali 1 minggu selama 90 menit.
b. Program RSBI
1.
Program ini ditujukan untuk siswa kelas
3, 4, 5, 6 SD; kelas 1, 2, 3 SMP dan kelas 1, 2, 3 SMA.
2.
Lama Program ini adalah 1 tahun.
3.
Masuk 4 kali 1 minggu selama 90 menit.
3.2.4.Strategi
yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam harga untuk meningkatkan jumlah
siswa
Price. Sebagai pertimbangan perbedaan biaya
bimbingan Prestasi Gemilang dengan bebarapa pesaingnya adalah sebagai berikut:
1.
Biaya bimbingan belajar reguler untuk
siswa kelas 3,4,5 dan 6 SD untuk Prestasi gemilang adalah 100.000 per bulan,
dan untuk kelas 1,2,3 SMP hargaya adalah 150.000 per bulan ,untuk kelas
1,2,3,SMA adalah 180.000 perbulan sedangkan Primagama adalah 850.000 per bulan
itu untuk kelas 5 dan 6 SD.
2.
Biaya bimbingan belajar RSBI untuk kelas
, 3,4,5 dan 6 SD untuk Prestasi gemilang adalah 150.000 per bulan, dan untuk
kelas 1,2,3 SMP hargaya adalah 200.000 per bulan ,untuk kelas 1,2,3,SMA adalah 250.000
perbulan sedangkan Primagama adalah 850.000 lebih per bulan itu untuk kelas 5 dan 6 SD.
3.2.5.
Strategi
yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam promosi untuk meningkatkan jumlah
siswa
Letak
Strategis karena di dalam Kota, dekat dengan SD Muhammadiyah yang merupakan
sekolah favorit, sehingga kualitas siswa
yang dihasilkan berkualitas.
Promosi
yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.
Sebar brosur pada saat golden moment (kenaikan
kelas, penerimaan rapor kelas).
b.
Opening Menggunakan siswa yang belajar
di Prestasi Gemilang sebagai pemesan dengan jalan titip voucher untuk
teman-teman mereka.
Seprti hadist di bawa
ini bahwa menuntut ilmu itu penting
تَعَلَّمُوْا الْعِلْمَ وَتَعَلَّمُوْا
لِلْعِلْمِ السَّكِيْنَةَ وِالْوَقَارَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَعَلَّمُوْنَ مِنْهُ
. (الطبرانى)
“Tuntutlah
ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan
bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu.” (HR. Al-Thabrani)
تَعَلَّمُوْاالْعِلْمَ
، فّإِنَّ تَعَلُّمُهُ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ، وَتَعْلِيْمَهُ لِمَن
ْ لاَ يَعْلَمُهُ صَدَقَةٌ ، وَإِنَّ الْعِلْمَ لَيَنْزِلُ بِصَاحِبِهِ فِى مَوْضِعِ
الشَّرَفِ وَالرِّفْعَةِ ، وَالْعِلْمُ زَيْنٌ لِأَهْلِهِ فِى الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ
. (الربيع)
“Tuntutlah
ilmu,sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza
wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah
sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan
terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di
dunia dan di akhirat.” (HR. Ar-Rabii’)
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1.Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat
dari penelitian ini adalah:
1.
Semakin banyak program, semakin banyak
alternatif siswa untuk memilih, selain itu juga semakin banyak kesesuaian siswa,
termasuk kesesuaian waktu.
2.
Dengan dibentuknya program problem
solving akan menambah minat belajar bagi siswa sehingga dapat meningkatkan
nilai akademik siswa.
3.
Penambahan program outbond yang
merupakan diferensiasi produk diharapkan siswa tidak bosan mengikuti proses
belajar di lingkungan Prestasi Gemilang GKA
4.
Dukungan dana yang besar untuk promosi
dan didukung dengan kualitas tentor yang bagus, produk bervariasi dan harga
yang terjangkau akan dapat meningkatkan jumlah siswa.
4.2
SARAN
Agar
Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Sutoyo Semarang dapat meraih
hasil maksimum dalam menjalankan roda bisnisnya, maka:
1.
Menurunkan biaya bimbingan belajar.
2.
Memberikan harga khusus pada sekolah-sekolah
yang prospektif.
3.
Untuk para tentor disarankan untuk menambah
ilmu psikologi sehingga mampu memahami karakter para siswanya terutama disaat
konsultasi (problem solving).
DAFTAR PUSTAKA
Bambang,
Ika. LBB Prestasi gemilang , GKA , Gresik
0 komentar:
Posting Komentar