Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 10 Oktober 2013

Perilaku Organisasi (Lembaga Bimbingan Belajar “Prestasi Gemilang”)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Pada awalnya pemilik yang mempunyai nama “Ibu Ika” tidak terlintas mempunyai LBB (Lembaga Bimbingan Belajar ) karena sebelumya Ibu Ika hanya mengajar sempoa di Golden Brain ,namun para tetangga komplek perumahan Ibu Ika meminta untuk mengajar anak-anak mereka , maka dari itu beliau berinisiatif untuk mendirikan bimbingan belajar pada tahun 2004 yang diberi nama PRESTASI GEMILANG yang beralamat di GKA tetapi LBB tersebut belum begitu besar karena kegiatan belajar mengajar tersebut masih bertempat dirumah bu Ika sendiri .
Pada tahun 2008 LBB Prestasi Gemilang membuka cabang yang berada di Perumahan Permata Suci (PPS) , disana banyak ibu-ibu yang yang mendaftarkan anak ya untuk belajar di LBB Perestasi Gemilang . jumlah tutor yang berada di PPS sebanyak empat orang sama dengan jumlah tutor yang ada di GKA , namu siswa yang ada di PPS lebih sedikit dari pada yang di GKA.
 Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi semua orang, karena dengan pendidikan seseorang mampu bersaing di dunia global. Pendidikan bisa digolongkan menjadi pendidikan formal dan non formal.Untuk mendapatkan pendidikan formal yang memadai kita bersekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK lalu kuliah,sedangkan pendidikan non formal dapat kita raih melalui kursus atau pelatihan.
Menurut UUD 1945 pasal 31 dan UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa penyelenggaraan pendidikan menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan pendidikan tidak hanya di sekolah formal saja tetapi juga dapat diselenggarakan oleh lembaga luar sekolah semacam Bimbingan Belajar. Oleh karena itu, lembaga bimbingan belajar mempunyai dasar yang kuat sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Perubahan-perubahan pola pendidikan yang begitu cepat, silih berganti serta globalisasi di segala bidang termasuk bidang pendidikan, memunculkan persaingan yang sangat ketat di bidang bisnis jasa pendidikan. Lembaga non formal seperti bimbingan belajar harus selalu siap dengan perubahan-perubahan yang dikeluarkan pemerintah di bidang pendidikan, juga harus siap bersaing tidak hanya bimbingan belajar sejenis, tetapi sekolah yang menyelenggarakan bimbingan belajar juga merupakan saingan.
Dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional, Lembaga bimbingan Prestasi Gemilang memiliki visi dan misi. Visi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang yaitu menjadi institusi pendidikan luar sekolah yang lebih baik,berkualitas. Sedangkan Misi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang adalah:
1. Menjadi lembaga bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi.
2. Menjadi tempat karyawan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun kesejahteraan.
4. Menjadi tempat setiap insan untuk berprestasi, berkreasi dan mengembangkan diri.
1.2.Rumusan Masalah
1.      Apa rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam produk untuk meningkatkan jumlah siswa
2.      Apa rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam harga untuk meningkatkan jumlah siswa
3.      Apa rencana strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam promosi untuk meningkatkan jumlah siswa


BAB II
LANDASAN TEORI

2.1.Pengertian Bimbingan Belajar
Pemerintah secara terus-menerus melaksanakan berbagai program untuk pemerataan kesempatan memperoleh layanan pendidikan dan sekaligus juga untuk peningkatan mutu pendidikan. Selain menerapkan pendekatan yang bersifat konvensional, pemerintah juga melaksanakan berbagai terobosan yang bersifat inovatif. Perluasan layanan pendidikan diwujudkan melalui pencanangan program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 6 Tahun (Wajar Dikdas 6 Tahun) pada tahun 1984 dan dilanjutkan dengan program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun pada tahun 1994. Di tingkat internasional, Indonesia juga berperanserta dalam "Education for All" yang dideklarasikan UNESCO di Jomtien, Thailand, pada tahun 1991 (Siahaan, 2002).
Menurut UUD 1945 pasal 31 dan UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional disebutkan bahwa penyelenggaraan pendidikan menjadi 6 tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. UUD 1945 pasal 31 dan UU No. 2 tahun 1989 telah banyak menciptakan peluang bisnis di bidang jasa pendidikan.
Bimbingan belajar merupakan pendidikan non formal baik yang dilakukan di lingkungan sekolah maupun di lembaga pendidikan luar sekolah di luar jam pelajaran sekolah formal. Bimbingan belajar ini bertujuan untuk membantu siswa meningkatkan prestasi akademik di sekolah, meloloskan siswa yang meneruskan sekolah ke jenjang berikutnya sesuai dengan keinginannya.
2.2. Kebijakan Pemerintah tentang Standar Kelulusan Siswa
 Adalah Sebagai Berikut:
1.      Tahun 2005/2006
a.       Waktu Pelaksanaan: Ujian Sekolah dulu baru Ujian Nasional.
b.       Kurikulum: 1994, 2004 (KBK)
c.        Kelulusan : Rata-rata 4,51 Minimal 4,26
d.       Paket Soal: Satu Ruang ada satu macam soal
2.      Tahun 2006/2010
a.       Waktu Pelaksanaan: Ujian Nasional dulu baru Ujian Sekolah
b.      Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi 1994, 2004 dan Standar isi
c.       Kelulusan:
Ø  Nilai salah satu mata pelajaran boleh 4,25 tetapi dua mata pelajaran yang lain minimal rata-rata 5
Ø  Boleh salah satu mata pelajaran 4,00 tetapi dua mata pelajaran
yang lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.      Paket Soal: Satu Ruang ada dua macam paket soal
3.      Tahun 2011/2012
a.       Waktu pelaksanaan : Ujian Sekolah dulu baru Ujian Nasional.
b.      Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi 1994, 2004 dan Standar isi
c.       Kelulusan:
Ø  Nilai salah satu mata pelajaran boleh 5 tetapi dua mata pelajaran yang lain minimal rata-rata 6
Ø  Boleh salah satu mata pelajaran 5,00 tetapi dua mata pelajaran
yang lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.      Paket Soal: Satu Ruang ada 5 macam paket soal
4.      2013
a.       Waktu pelaksanaan : Ujian Sekolah dulu baru Ujian Nasional.
b.      Kurikulum: Menyatu, Merupakan interseksi 1994, 2004 dan Standar isi
c.       Kelulusan:
Ø  Nilai salah satu mata pelajaran boleh 5 tetapi dua mata pelajaran yang lain minimal rata-rata 6
Ø  Boleh salah satu mata pelajaran 5,00 tetapi dua mata pelajaran
yang lain minimal 6,00. Tiga mata pelajaran tersebut adalah:
Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris (Untuk
Jurusan IPA); Bahasa Indonesia, Ekonomi Akuntansi dan
Bahasa Inggris (Untuk Jurusan IPS).
d.      Paket Soal: Satu Ruang ada 20 macam paket soal
BAB III
ANALISIS

3.1.Temuan Data
3.1.1. Lokasi Penelitian
Penelitian ini mengambil lokasi di Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Gemilang di GKA (Griya Kembangan Asri)
3.1.2. Data
1.      Cara mengumpulkan data
a.       Observasi
Peneliti melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan belajar mengajar di Prestasi Gemilang Dengan cara mengamati produk yang ditawarkan oleh Prestasi Gemilang  maupun Lembaga Bimbingan lain yang letaknya di GKA (Griya Kembangan Asri)
b.      Wawancara
Wawancara dengan pimpinan Lembaga Bimbingan Belajar Prestasi Gemilang di GKA (Griya Kembangan Asri)
2.      Jenis Data
Jenis data yang diperoleh peneliti berupa:
a.       Jumlah siswa Prestasi Gemilang GKA
b.      Jumlah sekolah yang berada di wilayah Prestasi Gemilang GKA
c.       Produk yang dihasilkan oleh Prestasi Gemilang GKA
3.2.Analisis
3.2.1. Sejarah Berdirinya Prestasi Gemilang
Pada awalnya pemilik yang mempunyai nama “Ibu Ika” tidak terlintas mempunyai LBB (Lembaga Bimbingan Belajar ) karena sebelumya Ibu Ika hanya mengajar sempoa di Golden Brain ,namun para tetangga komplek perumahan Ibu Ika meminta untuk mengajar anak-anak mereka , maka dari itu beliau berinisiatif untuk mendirikan bimbingan belajar pada tahun 2004 yang diberi nama PRESTASI GEMILANG yang beralamat di GKA tetapi LBB tersebut belum begitu besar karena kegiatan belajar mengajar tersebut masih bertempat dirumah bu Ika sendiri .
Pada tahun 2008 LBB Prestasi Gemilang membuka cabang yang berada di Perumahan Permata Suci (PPS) , disana banyak ibu-ibu yang yang mendaftarkan anak ya untuk belajar di LBB Perestasi Gemilang . jumlah tutor yang berada di PPS sebanyak empat orang sama dengan jumlah tutor yang ada di GKA , namu siswa yang ada di PPS lebih sedikit dari pada yang di GKA.
3.2.2. Visi dan Misi
Visi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang yaitu menjadi institusi pendidikan luar sekolah yang lebih baik,berkualitas. Sedangkan Misi lembaga pendidikan Prestasi Gemilang adalah:
1. Menjadi lembaga bimbingan belajar yang terdepan dalam prestasi.
2. Menjadi tempat karyawan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun kesejahteraan.
4. Menjadi tempat setiap insan untuk berprestasi, berkreasi dan mengembangkan diri.

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا ، سَهَّلَ اللَّهُ بِهِ طِرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ . (أبو داود)
“Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surge.” (HR. Muslim)

3.2.3. Strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam produk untuk meningkatkan jumlah siswa
Produk Prestasi Gemilang mulai tahun 2004/2012 adalah sebagai berikut:
a. Program Reguler
1.      Program ini ditujukan untuk siswa kelas 3, 4, 5, 6 SD; kelas 1, 2, 3 SMP dan kelas 1, 2, 3 SMA.
2.      Lama Program ini adalah 1 tahun.
3.      Masuk 7 kali 1 minggu selama 90 menit.
b. Program RSBI
1.      Program ini ditujukan untuk siswa kelas 3, 4, 5, 6 SD; kelas 1, 2, 3 SMP dan kelas 1, 2, 3 SMA.
2.      Lama Program ini adalah 1 tahun.
3.      Masuk 4 kali 1 minggu selama 90 menit.
3.2.4.Strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam harga untuk meningkatkan jumlah siswa
Price. Sebagai pertimbangan perbedaan biaya bimbingan Prestasi Gemilang dengan bebarapa pesaingnya adalah sebagai berikut:
1.      Biaya bimbingan belajar reguler untuk siswa kelas 3,4,5 dan 6 SD untuk Prestasi gemilang adalah 100.000 per bulan, dan untuk kelas 1,2,3 SMP hargaya adalah 150.000 per bulan ,untuk kelas 1,2,3,SMA adalah 180.000 perbulan sedangkan Primagama adalah 850.000 per bulan itu untuk kelas 5 dan 6 SD.
2.      Biaya bimbingan belajar RSBI untuk kelas , 3,4,5 dan 6 SD untuk Prestasi gemilang adalah 150.000 per bulan, dan untuk kelas 1,2,3 SMP hargaya adalah 200.000 per bulan ,untuk kelas 1,2,3,SMA adalah 250.000 perbulan sedangkan Primagama adalah 850.000 lebih  per bulan itu untuk kelas 5 dan 6 SD.
3.2.5.           Strategi yang dilakukan LBB Prestasi Gemilang dalam promosi untuk meningkatkan jumlah siswa
Letak Strategis karena di dalam Kota, dekat dengan SD Muhammadiyah yang merupakan sekolah  favorit, sehingga kualitas siswa yang dihasilkan berkualitas.
Promosi yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a.       Sebar brosur pada saat golden moment (kenaikan kelas, penerimaan rapor kelas).
b.      Opening Menggunakan siswa yang belajar di Prestasi Gemilang sebagai pemesan dengan jalan titip voucher untuk teman-teman mereka.
Seprti hadist di bawa ini bahwa menuntut ilmu itu penting
تَعَلَّمُوْا الْعِلْمَ وَتَعَلَّمُوْا لِلْعِلْمِ السَّكِيْنَةَ وِالْوَقَارَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَعَلَّمُوْنَ مِنْهُ . (الطبرانى)
“Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu.” (HR. Al-Thabrani)

تَعَلَّمُوْاالْعِلْمَ ، فّإِنَّ تَعَلُّمُهُ قُرْبَةٌ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ ، وَتَعْلِيْمَهُ لِمَن ْ لاَ يَعْلَمُهُ صَدَقَةٌ ، وَإِنَّ الْعِلْمَ لَيَنْزِلُ بِصَاحِبِهِ فِى مَوْضِعِ الشَّرَفِ وَالرِّفْعَةِ ، وَالْعِلْمُ زَيْنٌ لِأَهْلِهِ فِى الدُّنْيَا وَالأَخِرَةِ . (الربيع)
“Tuntutlah ilmu,sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat.” (HR. Ar-Rabii’)


BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1.Kesimpulan
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah:
1.      Semakin banyak program, semakin banyak alternatif siswa untuk memilih, selain itu juga semakin banyak kesesuaian siswa, termasuk kesesuaian waktu.
2.      Dengan dibentuknya program problem solving akan menambah minat belajar bagi siswa sehingga dapat meningkatkan nilai akademik siswa.
3.      Penambahan program outbond yang merupakan diferensiasi produk diharapkan siswa tidak bosan mengikuti proses belajar di lingkungan Prestasi Gemilang GKA
4.      Dukungan dana yang besar untuk promosi dan didukung dengan kualitas tentor yang bagus, produk bervariasi dan harga yang terjangkau akan dapat meningkatkan jumlah siswa.
4.2 SARAN
            Agar Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Cabang Sutoyo Semarang dapat meraih hasil maksimum dalam menjalankan roda bisnisnya, maka:
1.      Menurunkan biaya bimbingan belajar.
2.       Memberikan harga khusus pada sekolah-sekolah yang prospektif.
3.       Untuk para tentor disarankan untuk menambah ilmu psikologi sehingga mampu memahami karakter para siswanya terutama disaat konsultasi (problem solving).



DAFTAR PUSTAKA

Bambang, Ika. LBB Prestasi gemilang , GKA , Gresik
   

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About